Install Browser Safari di Ubuntu

Iseng iseng saja ternyata bisa dan gampang memasang browser safari kepunyaan Apple di Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, mungkin di versi lainnya juga caranya sama. Browser Safari bisa berjalan dengan bagus meski harus menginstall wine, untuk kemudian baru install safari versi windows. Kebetulan juga browser safari ini free alias boleh didownload dan dipasang oleh siapapun tanpa harus registrasi bahkan. Namun sayang sekali hanya tersedia safari untuk Mac OS dan Windows, sementara yang under linux tidak ada, namun toh masih ada wine dan winetricks. Beginilah cara saya menginstall safari di ubuntu kesayangan, via terminal bukan karena apa tapi lebih memudahkan saja untuk menulisnya:

Pastikan sudah menginstall wine, jika belum bisa dengan mantera di terminal sudo apt-get install wine Unduh winetricks dengan mantera rapal terminal linux wget http://www.kegel.com/wine/winetricksshorten Pasang atau install winetricks via terminal sh winetricks corefonts Unduh browser Safari untuk windows dari website Apple

Pada terminal, navigasikan atau arahkan direktori ke hasil download installer browser safari tersebut, misal suryaden@suryaden-laptop:~/Downloads$, dan bukalah melalui wine dengan rapal mantera terminal

wine SafariSetup.exe

Install safari browser dan pastikan untuk tidak memilih 'bonjour for windows' dan 'otomatis updatenya safari"

Installasi selesai, dan sekarang sudah bisa menggunakan safari browser melalui Applications -> Wine -> Programs -> Safari -> Safari.

Safari akan crash karena animasi pesan pembukaannya, namun setelah jendela ditutup sudah berjalan dengan baik lagi. Membuka tab baru juga akan crash, untuk menghilangkannya bisa diatur lewat preferensi safari, pada kategori “General”, set “New tabs open with:” pilih atau arahkan ke pilihan “Empty Page”. Begitulah sekedar sharing saja, semoga bermanfaat dan selamat bersafari.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: